Home » » Cara Membuat Repository Local pada Linux RHEL 6.3

Cara Membuat Repository Local pada Linux RHEL 6.3

Munandar Ziswandi | Selasa, April 08, 2014 | 1comments
Pada postingan pada kali ini, saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara kita membuat repository local menggunakan Redhat Enterprise Linux 6.3, Redhat memiliki package yang berbeda dan lebih secure dengan dengan versi opensource nya yaitu CentOS, nah bagaimana cara install aplikasi/package yang ada pada DVD bawaannya jika anda membeli DVD Redhat yang asli seperti gambar di bawah ini? Tentunya kita butuh untuk membuat Repository local agar mudah melakukan installasi package menggunakan perintah "yum install"


Pada percobaan saya kali ini, saya menggunakan VMware dimana Redhat 6.3 sudah di install di dalamnya dengan format installlasi Basic Server, lalu kita langsung saja untuk membuat Repo localnya, step-by-step nya adalah sebagai berikut :

1. Buat terlebih dahulu directory tempat kita melakukan mounting DVD Redhatnya, misalkan pada /home/nandar/redhat.
2. Lakukan mounting DVD Redhat dengan perintah # mount /dev/sr0 /home/nandar/redhat, lalu masuk ke directory redhat, # cd /home/nandar/redhat, kemudian lakukan perintah #ls, jika data yang ada pada DVD keluar, maka proses mounting sudah berhasil di lakukan.
3. Lakukan edit file pada /etc/yum.repos.d/rhel-source.repo, lalu konfigurasi dengan script yang ada di bawah ini kemudian save.



4. Coba lakukan installasi package, misalkan, # yum install firefox, jika berhasil, maka konfigurasi yang anda lakukan sudah benar. Selamat Mencoba.

Share this article :

1 comments:

Anonim mengatakan...

Mantep tulisan semeton satu ini. maju trus batur lombok. apalgi side di ITB..

Posting Komentar

silahkan tuliskan komentar anda

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Ilmu Itu Indah - All Rights Reserved
Template Modify by Munandar Ziswandi
Proudly powered by Blogger