Home » » Quagga

Quagga

Munandar Ziswandi | Rabu, Mei 26, 2010 | 0 comments
Quaggga adalah sebuah software routing package yang memberikan TCP/IP routing service dengan mensupport routing protocol seperti RIPv1, RIPv2, RIPng, OSPFv2, OSPFv3, BGP-4, dan BGP-4+. Quagga juga support terhadap BGP Route Reflektor dan jalannya Route Server. Tambhan juga bahwa tidak hanya IPv4 saja yang support dengan Quagga.

Quagga menggunakan sebuah software arsitektur terdepan untuk memberikan qualitas yang lebih baik, yaitu multi server engine. Quagga telah interaktif dengan user interface untuk tiap routing protocol dan men-support common client command.

Sekarang ini, jaringan TCP/IP mencakup semua jaringan di dunia. Internet telah menyebar pada banyak Negara, perusahaan, dan ke rumah-rumah. Ketika anda terhubung ke internet, packet yang anda kirim akan melewati Router yang telah terpasang TCP/IP routing secara fungsionalis.

Sebuah system dengan Quagga yang telah terinstall akan bertidak sebagai dedicated router. Dengan Quagga, system anda bertukar informasi routing dengan router lain menggunakan routing protocol. Quagga akan menggunakan informasi ini untuk mengupdate kernel roting table sehingga data yang benar akan sampai kepada tujuan yang benar. Anda dapat secara dinamik mengubah konfigurasi dan anda juga dapat melihat informasi routing table pada Quagga terminal yang terhubung.

Quagga dapat me-setting interface’s flag, interface address, static routing dan yang lainnya. Jika anda memiliki sebuah jaringan kecil, mengkonfigurasi software Quagga routing sangatlah mudah. Anda hanya melakukan setup pada interface dan memberkan beberapa command untuk static routing atau default routing. Jika jaringannya cukup besar, atau jika mengubah frekuensi stuktur jaringan, anda akan mendapatkan keuntungan dari Quagga dinamik roting yang support untuk protocol seperti RIP, OSPF atau BGP.

Untuk computer berbasis UNIX Biasanya didasarkan konfigurasi router dengan melakukan ifconfig dan perintah route. Status dari routing table adalah ditampilkan oleh netstat utiliti. Hampir dari semua perintah kerja hanya jika pengguna memiliki root privilege . quagga memiliki sebuah perbedan metode administrasi system. Ada 2 mode penguna dalam Quagga, yaitu mode normal yang mana mode yang mudah. User bisa mengubah system konfigurasinya.

Sekarang ini, Quagga mendukung lazimnya protocol unicast routing. Protocol Multicast routing seperti BGMP, PIM-SM, PIM-DM mungkin dukungan Quagga 2.0. MPLS mendukung jalannya. Dalam keadaan selanjutnya, TCP/IP filtering control, Qos control, konfigurasi disfferv akan ditambah dalam Quagga. Akhir terakhir proyek Quagga membuat sebuah produktif, kualitas, dan free TCP/IP routing software.

Quagga telah support pada platform dalam menjalankan nya. Catatan bahwa Quagga berjalan dengan tepat pada platform lainnya, dan dengan sebagian fungsi pada platform lainnya.
• GNU/LINUX 2.4x dan higher
• FreeBSD 4.x dan higher
• NetBSD 1.6 dan higher
• OpenBSD 2.5 dan higher
• Solaris 8 dan higher

untuk lebuh jelasnya bisa langsung membuka website : http://www.quagga.net/docs.php
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tuliskan komentar anda

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Ilmu Itu Indah - All Rights Reserved
Template Modify by Munandar Ziswandi
Proudly powered by Blogger